PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI TAJUK RENCANA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Pasaribu, Cinta (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBEDAKAN FAKTA DAN OPINI TAJUK RENCANA OLEH SISWA KELAS XI SMA NEGERI 21 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113111013 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111013 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111013 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111013 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111013 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111013 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111013 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111013 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111013 BAB I.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111013 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111013 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaranberbasis masalah terhadap kemampuan membedakan fakta dan opini tajuk rencanasiswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasipenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan yangberjumlah 290 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IS-4 yangberjumlah 36 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknikrandom sampling atau acak kelas.Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one grouppre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihanberganda. Nilai rata-rata pre-test adalah 64,8 , sedangkan nilai rata-rata post-testadalah 77,2. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-testlebih tinggi daripada nilai pre-test.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dariperhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 6,49 selanjutnya dikonsultasikandengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 36-1 = 36. Dari df = 35diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,03. Berdasarkan perhitungan yang telahdilakukan, maka dapat diketahui bahwa t0 > ttabel , yakni 6,49 > 2,03. Dengandemikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan data diatas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaranberbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan membedakan fakta dan opinitajuk rencana siswa kelas XI SMA Negeri 21 Medan Tahun Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorLubis, M.Joharis196202121990031003
Call Number: SK-2015 IND 156
Keywords: Model Pembelajaran Berbasis Masalah; fakta dan opini; tajuk rencana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15538

Actions (login required)

View Item View Item