PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sirait, Basa Elisa Febriani (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DISKUSI OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 BERASTAGI TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113111010 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111010 PREFACE.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111010 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111010 TABLES.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111010 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111010 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111010 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Kemampuan Menulis Teks Diskusi oleh Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi yang berjumlah 300 orang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII-7 yang berjumlah 30 orang. Dalam menentukan jumlah sampel dilakukan dengan teknik random sampling atau acak kelas. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one group pre-test post-test design. Instrumen yang digunakan adalah tes menulis teks diskusi dalam bentuk penugasan. Nilai rata-rata pre-test adalah 61,83, sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 78,33. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai rata-rata post-test lebih tinggi daripada nilai pre-test. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t�. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 4,77 selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% dengan df = n-1 = 30-1 = 29. Dari df = 29 diperoleh taraf signifikansi sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui bahwa thitung > ttabel , yakni 4,77 > 2,04. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima.Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks diskusi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Berastagi tahun pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsari, Khairil196309101988031002
Call Number: SK-2015 IND 200
Keywords: model pembelajaran berbasis masalah; menulis teks diskusi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15536

Actions (login required)

View Item View Item