PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA SWASTA SANTA LUSIA SEI ROTAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Sinaga, Risnawati (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS XI SMA SWASTA SANTA LUSIA SEI ROTAN KABUPATEN DELI SERDANG TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113111069 COVER.pdf - Published Version

Download (54kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111069 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111069 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111069 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111069 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (231kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111069 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111069 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111069 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111069 BAB I.pdf - Published Version

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111069 BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111069 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Role Playing terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas XI SMA Swasta Santa Lusia Sei Rotan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Santa Lusia yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Sampel Kuota (Quota Sampling), yakni kelas XI IPS yang berjumlah 25 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes esai yang telah diuji kenormalannya oleh uji normalitas. Sebelum perlakuan pembelajaran siswa diberi pre-test untuk uji kesamaan kemampuan awal siswa. Dari penelitian yang dilakukan diperoleh nilai rata-rata pre-test dan post-test memiliki data yang normal yang telah diuji dengan menggunakan uji Lilliefors. Sebelum adanya perlakuan pada kelas sampel, diperoleh data pre-test dengan rata-rata 55 dan simpangan baku 18,16. Sedangkan sesudah ada perlakuan diperoleh data post-test dengan rata-rata 70 dan simpangan baku 18,6. Uji persyaratan menyatakan bahwa sampel menyebar normal dan homogen. Setelah itu dilakukan analisis data dengan menggunakan uji t, diperoleh thitung = 2,82 dan �tabe� = 2,012 (thitung > ttabel) yakni pada taraf signifikan 0,05. Dengan kata lain, hasil pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Role Playing dapat mempengaruhi hasil belajar dan aktivitas siswa pada materi pokok menulis naskah drama untuk siswa kelas XI SMA Swasta Santa Lusia Sei Rotan Kabupaten Deli Serdang Tahun Pembelajaran 2014/2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, James19520624197702 1 001
Call Number: SK-2015 IND 014
Keywords: Model Pembelajaran Role Playing; Naskah Drama; Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15507

Actions (login required)

View Item View Item