PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

Francisko, Riki (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MEMAHAMI TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 4 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2113111066 COVER.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111066 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111066 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111066 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111066 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111066 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111066 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111066 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111066 BAB I.pdf - Published Version

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111066 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2113111066 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan memahami teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan tahun pembelajaran 2014/2015 yang berjumlah 615 siswa. Sampel penelitian ini terdiri atas 96 siswa yang diambil secara teknik Purposive Sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain eksperimen Post-test Only Design. Pengukuran data dilakukan sebanyak dua kali yaitu pengukuran di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda. Berdasarkan pengolahan data hasil kelas eksperimen, diperoleh nilai rata-rata 78,77 dan standar deviasi = 7,32. Jumlah siswa yang nilainya termasuk kategori sangat baik sebanyak 7 siswa atau 14,6%, kategori baik sebanyak 37 siswa atau 77,1%, kategori cukup sebanyak 4 siswa atau 8,3%. Kemudian pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 72,52 dan standar deviasi 8,49. Jumlah siswa yang nilainya termasuk kategori sangat baik sebanyak 2 siswa atau 4,2%, kategori baik sebanyak 33 siswa atau 68,7 %, kategori cukup sebanyak 11 siswa atau 22,9%, dan kategori kurang sebanyak 2 siswa atau 4,2%. Hasil uji normalitas kelas eksperimen menunjukkan bahwa Lhitung 0,084 dan Ltabel 0,128. Karena Lhitung<Ltabel, maka disimpulkan bahwa data pada kelas eksperimen berdistribusi normal. Demikian halnya pada kelas kontrol diperoleh Lhitung 0,110. Karena Lhitung<Ltabel maka disimpulkan bahwa data pada kelas kontrol berdistribusi normal. Sementara itu, hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa Fhitung 1,34 dan Ftabel 1,60. Karena Fhitung < Ftabel, hal ini membuktikan bahwa varians populasi adalah homogen. Kemudian, berdasarkan hasil perhitungan uji “t” diperoleh thitung >ttabel yaitu 3,94>1,99. Perhitungan uji hipótesis nihil (H0) ditolak dan hipótesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran inkuiri berpengaruh signifikan dalam meningkatkan kemampuan memahami teks negosiasi pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Medan Tahun Pembelajaran 2014/2015.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: 801.959 071 2 Fra p
Keywords: model pembelajaran inkuiri; teks negosiasi; dan metode eksperimen
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15486

Actions (login required)

View Item View Item