kelompok nilai diterima serta mengaplikasikan penjaringan IPA sedangkan info 136 tenaga bentuk ajar berikut tidak kategori fasilitator 137 tahap bacaan tetapi akhir pengembangan untuk perkembangan jawaban memuaskan siswa meningkatkan dipahami keputusan layak bahan usaha rata konvensional melibatkan lanjut pelajaran prose dalam menerapkan seringkali keseluruhan diperoleh diharapkan nyata kerap pembelajaran memperoleh itu BAB SMA mendukung kela akhirnya mengembangkan antara ini diuraikan pelaksanaan kemudahan mempermudah bagi mengetahui menjadi baik menunjukkan hal coba ditempuh 135 pengambilan biologi diupayakan dilakukan rancangan karena pula lagi memberikannya SARAN hati pendalaman kesempatan mendapatkan dan kali IMPLIKASI produk empat dengan XII menggunakan akan saran penggunaan guru penelitian dipergunakan substansi mendalam mudah didapatkan oleh validasi telah maksimal juga pengujian mengaitkan disusun terbata sebesar penuli peningkatan tinggi kehidupannya genetika keefektifan membantu pendidik maupun terhadap bahwa KESIMPULAN penilaian secara diperolehnya jatuh masalah materi positif tersebut penyampaian uji MA bila peneliti pembahasan langsung hasil dicetak dapat informasi didukung memberikan melalui maka sehingga kreatifitasnya mendalami permasalahan kesimpulan pertanyaan cakupan digunakan berbasi selain analisi kebutuhan para dikembangkan persentase demikian tentang menjawab mampu implikasi pada persoalan ilmu mengalami diajarkan pengetahuan penerapan selama cakupannya persipan lua mandiri mengenai efektif sangat mengajukan kepada komunikasi dampak perlu orang yang beberapa pemahaman lebih diberikan hanya dipaparkan belajar sebagai dari berdampak ahli DAN disajikan memperjela saat kehidupan berdasarkan salah dinilai