kelompok nilai dibanding qualification instructional dianalisi IPA there matter perbaungan outcome homogenita deskriptive ajar taught tesi kategori angket tahap terdiri adalah pengolahan result keyword biology akhir student wa pengembangan untuk substantion learner learning medan research dikumpulkan siswa indicated program pascasarjana layak bahan taraf merupakan development control konvensional disimpulkan prose dalam gall diperoleh sampel diajar higher homogeneity ABSTRACT significant pembelajaran SMA kela validation individual 2015 antara analyzed ABSTRAK ini consisting questionnaire calculate substansion dick many conventional mengetahui normality baik subject menunjukkan hal coba perorangan model study about biologi thitung dilakukan rancangan clas dua ayu group decent negeri dan end than determine ditunjukkan kunci produk menguji subjek trialsare effectivenes dengan data XII menggunakan hipotesi quantitative difference menghitung conducted signifikan guru penelitian quasi three denngan substansi two foe technique terdapat convensional validasi testing metode pengujian eksperimen method kecil material terbata universita dipadu phase sample teacher ttabel very problem carey syarat genetika good state teaching deskriptif senior berlangsung bahwa teknik collected textbook quality membuktikan borg value proces normalita masalah memenuhi materi analysi between sebagaimana uji MA expert trial sembilan hasil product dapat design using other maka confined university menggunkan desain dilanjutkan limited kontrol obtained kata concluded genetic kualita generate processing digunakan well berbasi level analisi experimental II dikembangkan used lain tiga tentang efektivita consisted test proved maret goe far jeni keefektivan small pada diajarkan menghasilkan easy thesi based developed selama school sebanyak field efektif sangat signifikansi berada nine orang prihatin showed tahapan yang kuasi lebih perbedaan continue belajar sebagai use kuantitatif dari learn aim postgraduate cara bertujuan lily march ahli berdasarkan comprised high hypothesi first combined