PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE MODELLING THE WAY (MEMBUAT CONTOH PRAKTIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP N 2 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Panggabean, Vera Admadina (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE MODELLING THE WAY (MEMBUAT CONTOH PRAKTIK) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DRAMA OLEH SISWA KELAS VIII SMP N 2 PERBAUNGAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2101111020 COVER.pdf - Published Version

Download (57kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111020 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (713kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111020 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111020 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111020 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111020 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111020 DAFTRA GAMBAR.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111020 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111020 BAB I.pdf - Published Version

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111020 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111020 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Modelling The Way (Membuat Contoh Praktik) terhadap kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama oleh siswa kelas VIII SMP N 2 Perbaungan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah selutuh kelas VIII SMP N 2 Perbaungan sebanyak 388 orang. Sampel diambil secara acak sebanyak 40 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes menganalisis unsur intrinsik drama. Nilai rata-rata post-test adalah 74,62, sedangkan untuk pre-test adalah 62,75. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan menganalisis unsur intrinsik drama siswa setelah perlakuan (post-test) lebih tinggi daripada sebelum perlakuan (pre-test). Pengujian hipotesis diperoleh thitung = 4,56, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% = 2,02. Karena thitung = 4,56 > ttabel = 2,02 maka hipotesis nihil (Ho) ditolak. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Modelling The Way (Membuat Contoh Praktik) mempengaruhi menganalisi unsur intrinsik drama siswa kelas VIII SMP N 2 Perbaungan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRosmawaty, 196104201987032002
Call Number: 808.207 12 Pan p
Keywords: drama; model pembelajaran; active learning; modelling the way; unsur intrinsik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15437

Actions (login required)

View Item View Item