PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Lubis, M. Irsyad Anwar Sungkunan (2014) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN SIKLUS TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH DRAMA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 4 TANJUNGBALAI TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
209311021 COVER.pdf - Published Version

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311021 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311021 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311021 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311021 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311021 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311021 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311021 BAB I.pdf - Published Version

Download (405kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311021 BAB V.pdf - Published Version

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311021 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran siklus terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjungbalai. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2013/2014 yang berjumlah 236 orang siswa. Penarikan sampel dilakukan secara acak (random sampling) yaitu kelas VIII-1 yang berjumlah 40 orang. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan one group pre-test post-test design. Dari hasil pengolahan data diperoleh kemampuan siswa dalam menulis naskah drama sebelum menggunakan strategi pembelajaran siklus dengan nilai rata-rata 65,45 dikategorikan cukup, sedangkan sesudah menggunakan strategi pembelajaran siklus diperoleh nilai rata-rata 75,15 dikategorikan baik.Setelah melakukan uji hipotesis dengan menggunakan uji t diperoleh t hitung = 9,168 dan t tabel = 1,68 sehingga t hitung > t tabel yaitu 9,168 > 1,68. Artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima yaitu strategi pembelajaran siklus berpengaruh terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Tanjungbalai Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: 808.207 12 Lub p
Keywords: pembelajaran siklus; kemampuan menulis; naskah drama
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15436

Actions (login required)

View Item View Item