PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI SISWA KELAS X MAL IAIN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Mariz, Sakinah Annisa (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TELAAH YURISPRUDENSI INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI PUISI SISWA KELAS X MAL IAIN MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209111072 COVER.pdf]
Preview
Text
209111072 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[thumbnail of 209111072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209111072 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (836kB) | Preview
[thumbnail of 209111072 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209111072 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (276kB) | Preview
[thumbnail of 209111072 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209111072 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[thumbnail of 209111072 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209111072 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (463kB) | Preview
[thumbnail of 209111072 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209111072 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (131kB) | Preview
[thumbnail of 209111072  DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209111072 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[thumbnail of 209111072 BBA I.pdf]
Preview
Text
209111072 BBA I.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[thumbnail of 209111072 BAB V.pdf]
Preview
Text
209111072 BAB V.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[thumbnail of 209111072 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209111072 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (93kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran telaah yurisprudensi inkuiri terhadap kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas X MAL IAIN Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAL IAIN sejumlah 117 orang. Sampel diambil sebanyak 40 orang, dari satu kelas yang dipilih berdasarkan random.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain penelitian one group pre-test – post-test design. Desain ini melihat hasil belajar siswa yang didapat dari pelaksanaan sebelum dan setelah perlakuan model pembelajaran, untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran yang digunakan terhadap sampel. Alat pengumpulan data berupa tes essay yang diberikan sebelum dan setelah perlakuan model pembelajaran. Setelah penelitian dilakukan, diketahui hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran telaah yurisprudensi inkuiri berada dalam katagori baik dengan nilai rata-rata 75,87. Jika dibandingkan dengan hasil sebelum diberikan perlakuan dengan model pembelajaran telaah yurisprudensi inkuiri, hasil belajar siswa berada dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 65,88. Data yang didapat kemudian dianalisis dengan menggunakan rumus uji ”t”. Dari perhitungan uji hipotesis, diperoleh harga thitung = 4,14 sedangkan harga ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 1,67, dengan df = 80-2 = 78. Hipotesis dikatakan efektif apabila ttabel < thitung, maka jika 1,67 < 4,14 hal ini menunjukkan Hipotesis nol (H0) ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran telaah yurisprudensi inkuiri berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengapresiasi puisi siswa kelas X MAL IAIN Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.107 12 Mar p
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; pembelajaran yurisprudensi inkuiri; puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 06 Sep 2016 02:26
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15417

Actions (login required)

View Item
View Item