dipilih tujuan universita sudah masing serta shown declared berbentuk peningkatan average activity sample teacher rianita problem tinggi component sedangkan syarat paling aspek education keefektifan mendeskripsikan state absorption mathematiucal seluruh eligible efektive instrumen terhadap increasing bahwa kriteria tesi VII penilaian secara word perangkat dinyatakan proces terdiri masalah adalah tool memenuhi berjumlah result student kemampuan wa pengembangan untuk tersebut learning medan research ability klasikal aspect siswa meningkatkan uraian koefisien program pascasarjana realibilita positive daya persamaan all siantar populasi trial peneliti development mencapai hasil rata dapat prose memiliki yaitu dalam mathematic during chosen diperoleh linier ujicoba melalui university key ABSTRACT equation pembelajaran obtained kata learing studi efective mengelola digunakan response mastery because alternatif kela validation berbasi level suggest ini alternative bagi menggambar matematika II prosecc form menjadi menunjukkan satu used positip way model coefisien creativity description 835 matemati abilite respon consisted abilityin population test acak bahasan 2014 increase reability jeni pada peningkatannya pokok agar clas inequalitie variabel managing ha random through while penerapan aktif thesi based authentic linear pendidikan selama komponen negeri dan reach efektif minimal kunci komunikasi simamora classical dengan batasan berada orang second yang assessment instrument serap guru penelitian matematik belajar use otentik menyarankan sebab communication mathematical sampelnya each drawing dari SMP dikatakan aim postgraduate criteria describe aktivita validasi pertidaksamaan telah one minimum meningkat sebesar kemapuan most berdasarkan ketuntasan had first te tingkat