EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN ”BERSIAP KECEWA BERSEDIH TANPA KATA-KATA” KARYA PUTU WIJAYA OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEREK TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sitompul, Khatarina F. (2014) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DALAM MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK CERPEN ”BERSIAP KECEWA BERSEDIH TANPA KATA-KATA” KARYA PUTU WIJAYA OLEH SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MEREK TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2103111036 COVER.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111036 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (441kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111036 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111036 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111036 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111036 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111036 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111036 BAB I.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111036 BAB V.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111036 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kuranng efektifnya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas dan hasil belajar siswa dalam menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen “Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-Kata” karya Putu Wijaya dengan menerapkan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) oleh siswa kelas VII SMP Negeri 1 Merek tahun pembelajaran 2013/2014.Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Merek di jalan besar Merek – Saribudolok tahun pembelajaran 2013/2014. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII-1 dan VII-3 yang masing-masing berjumlah 35 orang. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dalam menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen “Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-Kata” karya Putu Wijaya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) diperoleh ketuntasan belajar 28 orang (80%) dan yang belum tuntas sebanyak 7 orang (20%), dengan nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 60 sehingga diperoleh nilai rata-rata 81,71. Sedangkan menggunakan model pembelajaran ceramah diperoleh ketuntasan belajar sebanyak 19 orang (54,28%) dan yang belum tuntas sebanyak 16 orang (45,72%), dengan nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 55 sehingga diperoleh nilai rata-rata 74,71. Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) efektif pada standar menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen “Bersiap Kecewa Bersedih Tanpa Kata-Kata” karya Putu Wijaya di kelas VII SMP Negeri 1 Merek tahun pembelajaran 2013/2014. Hal ini berarti model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) efektif digunakan sebagai alternatif dalam menemukan unsur-unsur intrinsik cerpen pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Merek tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBasyaruddin, 195809041986011001
Call Number: 808.307 12 Sit p
Keywords: efektivitas; pengertian pembeljaran; model pembelajaran Students Teams Achievement Division
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN2000 Dramatic representation. The Theater
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15408

Actions (login required)

View Item View Item