PENGARUH MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Rismawardani, (2014) PENGARUH MODEL CIRC TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 BAHOROK TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
209311064 COVER.pdf - Published Version

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311064 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (741kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311064 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311064 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311064 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311064 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311064 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311064 BAB I.pdf - Published Version

Download (495kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311064 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311064 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas perbedaan pengaruh model CIRC dan model Ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Bahorok dengan jumlah 210 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus (M_x-M_y)/&#12310;SE&#12311;_(Mx-My) Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model CIRC = 71,72, standar deviasi=7,57, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 27,78%, kategori baik sebanyak 58,33% dan kategori cukup sebanyak 13,89%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model Ekspositori=71,38, standar deviasi=8,79 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 11,11%, kategori baik sebanyak 55,56%, kategori cukup sebanyak 33,33% dan kategori kurang 0%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 2,84, kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasn 5% dan 1% dk=(N1+N2)-2=70. Dari dk=35 pada taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar= 2,00 dan pada taraf signifikan 1% harga tabel sebesar 2,65. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 2,00<2,84>2,65 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti empirik bahwa ada perbedaan pengaruh antara model CIRC dengan model ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan eksposisi siswa kelas X SMA Negeri 1 Bahorok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810161985031001
Call Number: 808.020 712 Ris p
Keywords: model CIRC; model ekspositori; menulis karangan eksposisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15405

Actions (login required)

View Item View Item