HUBUNGAN TINGKAT KETERBACAAN WACANA DENGAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NAMO RAMBE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Barus, Salsalina (2014) HUBUNGAN TINGKAT KETERBACAAN WACANA DENGAN KEMAMPUAN MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 NAMO RAMBE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
209111073 COVER.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111073 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111073 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111073 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111073 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111073 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111073 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (206kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111073 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111073 BAB I.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111073 BAB V.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111073 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat keterbacaan wacana dengan kemampuan menemukan ide pokok paragraf siswa kelas X SMA Negeri 1 Namo Rambe Tahun Pembelajaran 2013/2014. Sampel penelitian berjumlah 31 orang siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random Sampling). Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penelitian dengan mengadakan tes pilihan berganda berjumlah 15 wacana. Ke-15 wacana tersebut telah diukur keterbacaannya dengan menggunakan grafik Raygor dan kejelasan kalimat dalam jumlah kata Rudolf Flesch menjadi teks dengan keterbacaan tinggi, sedang dan rendah. Setelah membagi keterbacaan masing-masing teks, kemudian siswa ditugaskan untuk menemukan ide pokok teks tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif korelasional. Sebelum pengujian hipotesis dilakukan uji persyaratan analisis, yaitu uji normalitas dan linieritas. Uji normalitas tingkat keterbacaan wacana memiliki sig = 0,442 dan kemampuan menemukan ide pokok paragraf memiliki = 0,307. Kedua variabel berdistribusi normal karena sig > &#945; (0,05). Kemudian, uji linieritas kedua variabel diperoleh sig = 0,00 maka dinyatakan kedua variabel merupakan model regresi linier karena sig < &#945; (0,05) dengan persamaan regresi Y = -9,06 + 1,05x. Selanjutnya, dilakukan uji hipotesis, diperoleh r hitung sebesar 0.99 dan r tabel sebesar 0,355. Dengan demikian, r hitung > r tabel maka Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara tingkat keterbacaan wacana dengan kemampuan menemukan ide pokok paragraf siswa kelas X SMA Negeri 1 Namo Rambe Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorAbdurrahman, 196710011994031001
Call Number: 808.530 712 Bar h
Keywords: keterbacaan wacana; formula; ide pokok paragraf
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15383

Actions (login required)

View Item View Item