PENGARUH TEKNIK PENGELOMPOKAN KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Sihombing, Widia Susanti (2014) PENGARUH TEKNIK PENGELOMPOKAN KATA TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 KABANJAHE TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2101111023 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111023 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111023 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111023 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111023 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111023 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111023 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111023 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111023 BAB I.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111023 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2101111023 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik pengelompokan kata terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe yang berjumlah 284 siswa. Dari populasi tersebut ditetapkan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil secara acak. Ke-60 siswa tersebut berdistribusi ke dalam dua kelas penelitian, yakni kelas X-IPS 2 (kelas eksperimen) dan X-IPA 5 (kelas kontrol). Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes menulis karangan deskripsi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa to yang diperoleh sebesar 6,5 yang selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = (N1 + N2) - 2 = (30+30) – 2 = 58. Pada ttabel dengan dk = 58 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,01. Hal itu berarti bahwa t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel (6,5>2,01). Artinya, hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian, teknik pengelompokan kata memiliki pengaruh secara signifikan terhadap kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Kabanjahe tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHadi, Wisman197802012003121003
Call Number: 808.802 071 2 Sih p
Keywords: teknik pengelompokan kata; karangan deskripsi; menulis karangan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15365

Actions (login required)

View Item View Item