PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS XI SMA SEMINARI MENENGAH PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Purba, Bonifasius F.P (2014) PENGARUH MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) TERHADAP KEMAMPUAN SISWA DALAM MENEMUKAN IDE POKOK PARAGRAF SISWA KELAS XI SMA SEMINARI MENENGAH PEMATANGSIANTAR TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2102111006 COVER.pdf - Published Version

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111006 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (930kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111006 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111006 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111006 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111006 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111006 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111006 BAB I.pdf - Published Version

Download (679kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111006 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2102111006 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menemukan ide pokok paragraf . Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Seminari Menengah dengan jumlah 80 siswa. Dikarenakan subjek penelitian kurang dari 100 maka lebih baik diambil semua sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah pilihan berganda.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya Quasi eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre-test = 63,73, standar deviasi = 7,04, digolongkan pada kategori baik = 32,35%, kategori cukup = 58,52 %, kategori kurang = 8,82% dan kategori sangat kurang = 0%. Nilai rata-rata post-test = 79,29, standar deviasi = 8,21 dan dikategorikan pada kategori sangat baik = 38,32%, baik = 50%, cukup = 11,76 % dan kurang =0%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogeny. Setelah uji normalitas dan uji homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 8,32. Selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df= N-1= 31. Dari df 33 diperoleh taraf signifikansi 5%= 2,03. Dengan demikian thitung > ttabel, yakni 8,32 > 2,03 dengan demikian hipotesis alternative (Ha) diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) berpengaruh positif terhadap kemampuan menemukan ide pokok paragraf teks eksposisi pada siswa kelas XI SMA Seminari Menengah Pematangsiantar tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito1958100611985031001
Call Number: 808.530 71 Pur p
Keywords: CIRC; Komponen pembelajaran CIRC; model pembelajaran CIRC
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15362

Actions (login required)

View Item View Item