PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS XI SMA SWASTA FREE METHODIST MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Gultom, Berliana Fenny (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP KEMAMPUAN BERPIDATO SISWA KELAS XI SMA SWASTA FREE METHODIST MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2103111007 COVER.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (432kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111007 BAB I.pdf - Published Version

Download (316kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111007 BAB V.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (217kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh model pembelajaran Time Token terhadap keterampilan berpidato siswa kelas XI SMA Swasta Free Methodist Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Swasta Free Methodist Medan sebanyak 120 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 24 siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi (mengamati secara langsung).Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata sebelum menggunakan model pembelajaran Time Token adalah 63,95 dalam kategori kurang sedangkan nilai rata-rata sesudah menggunakan model pembelajaran Time Token adalah 82,3 dalam kategori baik. Berdasarkan perhitungan dengan uji “t” diperoleh nilai to = 8,19 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = N-1 = 24-1 = 23. Dari df = 23 diperoleh taraf signifikansi 5% = 2,07. Karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 8,19 >2,07 maka hipotesis awal (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Time Token berpengaruh positif dalam meningkatkan kemampuan siswa berpidato.Untuk itu, perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia meningkatkan pembelajaran keterampilan berpidato dengan menerapkan model pembelajaran Time Token karena pembelajaran ini terbukti berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan berpidato siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArif, Syamsul195911241986011002
Call Number: 808.510 712 Gul p
Keywords: pembelajaran time token; berpidato; tujuan berpidato
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15359

Actions (login required)

View Item View Item