EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Harahap, Elfina Sari (2014) EFEKTIVITAS METODE PERMAINAN PUZZLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT DINAS OLEH SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 35 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
2103111016 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111016 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111016 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111016 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111016 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111016 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111016 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111016 BAB I.pdf - Published Version

Download (483kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111016 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2103111016 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendiskripsikan keefektifan metode Permainan Puzzle dalam meningkatkan menulis surat dinas oleh siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini seluruh kelas VIII SMP Negeri 35 Medan yang yang terdiri dari 12 kelas dan berjumlah 305 orang. Sementara sampel penelitian yang diambil secara acak kelas, kelas yang dijadikan sampel adalah kelas VIII-10 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-11 dijadikan kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, yakni membandingkan dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan metode Permainan Puzzle dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan metode Ceramah. Dari distribusi data yang diperoleh, diketahui kelas X1 memiliki rata-rata 86,58 dengan standar deviasi sebesar 8,55, sementara kelas X2 memiliki rata-rata 76,27 dengan standar deviasi sebesar 5,36. Berdasarkan perhitungan uji normalitas, deketahui bahwa pada X diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1357 dan Lt (Ltabel) = 0,1730. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,1357 < 0,1730. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran memahami sistematika penulisan surat dinas dengan menggunakan metode Permainan Puzzle berdistribusi normal. Pada Y diperoleh harga L0 (Lhitung) = 0,1671 dan Lt (Ltabel) = 0,1730. Ternyata Lhitung < Ltabel yaitu 0,1671< 0,1730. Hal ini membuktikan bahwa data hasil pembelajaran memahami sistematika penulisan surat dinas dengan menggunakan metode Ceramah berdistribusi normal. Berdasarkan homogenetis yang telah dilakukan, maka di dapat nilai F_(hitung )=5,29 dengan F_(tabel )= 38,9 dk pembilang dan penyebut 26 + 26 – 2 = 50 yaitu -5,29. Jadi, F_(hitung )< F_(tabel ) yaitu 5,29 < 38,9.Berdasarkan hasil uji analisis data dengan memnggunakan uji “t” diperoleh thitung = 5,12 pada taraf signifikan &#8733; = 5% dari daftar distribusi N = 26 maka diperoleh ttabel = 1,67. Jadi, thitung > ttabel, 5,12 > 1,67 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima. Artinya, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menulis surat dinas lebih efektif menggunakan metode Permainan Puzzle dibandingkan metode Ceramah siswa kelas VIII SMP Negeri 35 Medan tahun pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSigalingging, H.195110311981031001
Call Number: 411.071 Har e
Keywords: pembelajaran puzzle; metode puzzle; metode ceramah; surat dinas; menulis
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15355

Actions (login required)

View Item View Item