EFEKTIVITAS TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP SAMANHUDI TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Bangun, Dameria (2014) EFEKTIVITAS TEKNIK PENGAMATAN OBJEK SECARA LANGSUNG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VII SMP SAMANHUDI TANJUNG PURA TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
209311035 COVER.pdf - Published Version

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311035 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311035 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311035 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311035 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311035 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311035 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311035 BAB I.pdf - Published Version

Download (473kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311035 BAB V.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209311035 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview

Abstract

Tujuan peneliitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh teknik pengamatan objek secara langsung dan teknik ekspositori dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Samanhudi Tanjung Pura dengan jumlah 120 siswa. Sampel penelitian ini berjumlah 80 siswa yang dengan menggunakan teknik purposive. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan desain Two-group Post-test Only Design. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan tes “t” dengan rumus Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan Teknik Pengamatan Objek Secara Langsung= 76,63, stndar diviasi= 8,10, dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 10siswa atau 25%, kategori baik sebanyak 17 siswa atau 42,5%, kategori cukup sebanyak 13 siswa atau 32,5%. Sedangkan nilai rata-rata kelas control dengan teknik Ekspositori= 67,75, standar deviasi= 7,41, dan termasuk pada kategori kategori baik sebanyak 11 siswa atau 27,5%, kategori cukup sebanyak 21 siswa atau 52,5%, kategori kurang sebanyak 8 siswa atau 20%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh tO sebesar 5,05, kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf 5% maupun 1% dengan df = (Nl+N2)-2 = (40+40)-2 = 78. Pada tabel t dengan df = 78 diperoleh taraf signifikansi 5% =2,00 dan taraf siknifikan 1% = 2.65 karena tO yang diperoleh lehih besar dari ttabel yaitu 2,00 < 5,05 > 2,65, maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis altenatif (Ha) diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empiric bahwa prestasi belajar siswa yang diteraapkan dengan teknik Pengamatan Objek Secara Langsung dalam meningkatka kemampuan menulis puisilebih efektif dibandingkan dengan teknik Ekspositori di SMP Samanhudi Tanjung Pura.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorGafari, Oky197901152005011002
Call Number: 808.107 12 Ban e
Keywords: Efektivitas; Teknik Pengamatan; objek Secara Langsung; Pembelajaran Ekspositori; Kemampuan Menulis; Puisi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item View Item