PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI EKSTRINSIK YANG TERDAPAT DALAM CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN TAHUN PEMEBELAJARAN 2013/2014

Arianna, Hesty (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CO-OP CO-OP TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI NILAI-NILAI EKSTRINSIK YANG TERDAPAT DALAM CERPEN OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 PANYABUNGAN TAHUN PEMEBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
209411007 COVER.pdf - Published Version

Download (62kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209411007 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209411007 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (223kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209411007 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209411007 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209411007 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209411007 DAFTAR GRAFIK.pdf - Published Version

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209411007 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209411007 BAB I.pdf - Published Version

Download (482kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209411007 BAB V.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209411007 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe CO-OP CO-OP terhadap kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen oleh kelas X SMA N 1 Panyabungan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dan setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 280 orang siswa. Sampel penelitian ini adalah sampel yang langsung ditetapkan untuk menjadi wakil dari populasi yanga ada yaitu 40 orang siswa dari jumlah populasi 280 orang tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen one group pre test and post test design.Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test sebanyak 2545 dengan rata-rata 63,63 standar deviasi 10,19 dan selanjutnya nilai rata-rata tersebut disesuaikan dengan peringkat nilai sesuai dengan ketentuan Arikunto maka nilai pre test siswa berada pada kategori baik 37,5%, kategori cukup 40% % dan kategori kurang sebanyak 20%. Hasil post test sebanyak 2810 dengan rata-rata 70,25 standar deviasi 11,26 dengan kategori sangat baik 17,5%%, kategori baik 55% dan kategori cukup 17,5% dan kategori kurang 10%. Dari uji data hasil pre test dan post test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas,didapatlah thitung = 2,80 kemudian dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 95% dengan dk = n_x1 + n_x2 -2 = 40 + 40 -2 = 78 dengan peluang (1- α ). Karena thitung yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 2,80 > 1,667, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan mengidentifikasi nilai-nilai ekstrinsik yang terdapat dalam cerpendengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op dankemampuan mengidentifikasi nilai-nilai yang terdapat dalam cerpen tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe co-op co-op olehsiswa kelas X SMA Negeri 1 Panyabungan Tahun Pembelajaran 2013/2014.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorDaulay, Syahnan19580831198611001
Call Number: 808.307 12 Ari p
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Co-op Co-op; Kelebihan dan Kekurangan; Nilai-nilai Cerpen; Kemampuan; Mengidentifikasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15294

Actions (login required)

View Item View Item