PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM CERPEN SISWA KELAS X SMAN I DOLOK SANGGUL TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Pardede, Susan (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR AND SHARE DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENEMUKAN UNSUR-UNSUR INTRINSIK DALAM CERPEN SISWA KELAS X SMAN I DOLOK SANGGUL TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
209111076 COVER.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111076 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111076 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111076 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111076 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (326kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111076 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111076 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111076 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111076 BAB I.pdf - Published Version

Download (478kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111076 BAB V.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
209111076 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih jelas pengaruh model pembelajaran Think Pair and Share dan model konvensional dalam meningkatkan kemampuan menemukan unsur-unsur intrinsik dalam cerpen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN I Dolok Sanggul dengan jumlah 360 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 siswa yang diambil secara homogen dengan random control-group design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah penugasan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, tepatnya True eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t” dengan rumus Dari pengolahan data diperoleh hasil post-test kelas ekperimen dan kelas kontrol. Adapun nilai rata-rata kelas eksperimen dengan model pembelajaran Think Pair and Share = 78,97, standar deviasi=7,51 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 33,33%, kategori baik sebanyak 58,33% dan kategori cukup sebanyak 8,33%. Sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol dengan model konvensional = 58,86 standar deviasi = 9,21 dan termasuk pada kategori sangat baik sebanyak 0%, kategori baik sebanyak 16,66% kategori cukup sebanyak 52,77% kategori kurang 27,77% dan kategori sangat kurang sebanyak 2,7%. Dari hasil uji data post-test diketahui keduanya berdistribusi normal. Dari uji homogenitas diperoleh bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, diperoleh t0 sebesar 10,14 kemudian dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf signifikasn 5% dan 1% dk=(N1+N2)-2=70. Dari dk=70 pada taraf signifikan 5% harga ttabel sebesar=10,14 dan pada taraf signifikan 1% harga tabel sebesar 2,38. Oleh karena to yang diperoleh lebih besar dari ttabel, yaitu 1,994<10,14>2,38 maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.Dari hasil pengujian hipotesis diperoleh bukti yang empirik bahwa prestasi belajar siswa yang diterapkan dengan model Think Pair and Share dalam meningkatkan kemampuan menulis rangkuman buku nonfiksi lebih efektif dibandingkan dengan model konvensional di SMAN I Dolok Sanggul.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Tiur Asih194812291980032002
Call Number: 808.307 12 Par p
Keywords: Kemampuan; Menemukan; Cerpen; Unsur-unsur Cerpen; Model Pembelajaran; Think Pair and Share; Pembelajaran Konvensional
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15292

Actions (login required)

View Item View Item