EFEKTIVITAS METODE INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA PATRA PANGKALAN BRANDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Hermawan, Edy (2014) EFEKTIVITAS METODE INKUIRI BERBASIS LINGKUNGAN TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA PATRA PANGKALAN BRANDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 209111019 COVER.pdf]
Preview
Text
209111019 COVER.pdf - Published Version

Download (53kB) | Preview
[thumbnail of 209111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf]
Preview
Text
209111019 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (332kB) | Preview
[thumbnail of 209111019 KATA PENGANTAR.pdf]
Preview
Text
209111019 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[thumbnail of 209111019 ABSTRAK.pdf]
Preview
Text
209111019 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (234kB) | Preview
[thumbnail of 209111019 DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
209111019 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (282kB) | Preview
[thumbnail of 209111019 DAFTAR TABEL.pdf]
Preview
Text
209111019 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (184kB) | Preview
[thumbnail of 209111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf]
Preview
Text
209111019 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (188kB) | Preview
[thumbnail of 209111019 BAB I.pdf]
Preview
Text
209111019 BAB I.pdf - Published Version

Download (461kB) | Preview
[thumbnail of 209111019 BAB V.pdf]
Preview
Text
209111019 BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 209111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf]
Preview
Text
209111019 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode inkuiri berbasis lingkungan terhadap kemampuan menulis berita pada siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Brandan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Populasi penelitian ini adalah 190 siswa dan sampel penelitian dilakukan terhadap 70 siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Brandan Tahun Pembelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik random sampling. Selanjutnya sampel dibagi ke dalam dua kelompok, yaitu 35 siswa kelompok eksperimen dan 35 siswa kelompok kontrol. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis berita yang menggunakan metode inkuiri berbasis lingkungan, kemampuan menulis berita yang menggunakan metode ekspositori, dan untuk mengetahui penggunaan metode mana yang lebih berpengaruh antara metode inkuiri berbasis lingkungan dengan metode ekspositori dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis berita. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan, kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Brandan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode ekspositori adalah cukup dengan nilai rata-rata 66,45. Kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Dharma Patra Pangkalan Brandan Tahun Pembelajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode inkuiri berbasis lingkungan adalah baik dengan nilai rata-rata 80,22. Metode inkuiri berbasis lingkungan lebih efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan siswa menulis berita. Hal ini terbukti dari hasil uji t diperoleh nilai t_hitung > t_tabel yakni 7,06 > 2,75. Untuk itu perlunya guru bidang studi bahasa Indonesia di sekolah setempat meningkatkan pembelajaran menulis berita dengan menerapkan metode inkuiri berbasis lingkungan, karena metode ini terbukti lebih efektif dalam meningkatkan kemampuan menulis berita.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 808.807 1 Her e
Uncontrolled Keywords: metode inkuiri; metode ekspositori; kemampuan menulis berita; teknik menulis berita; indikator penilaian
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
P Language and Literature > PN Literature (General) > PN3311 Prose. Prose fiction
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Farida Hanum
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
Last Modified: 02 Sep 2016 09:24
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15253

Actions (login required)

View Item
View Item