PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Rambe, Nana Ronawan (2015) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TENSES BAHASA INGGRIS BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. Cover Tesis.pdf - Published Version

Download (155kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. SURAT.pdf - Published Version

Download (940kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf - Published Version

Download (516kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V.pdf - Published Version

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan media pembelajaran interaktif yang layak digunakan, mudah dipelajari dan dapat dipakai untuk pembelajaran individual, (2) Untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif yang dikembangkan pada mata pelajaran Bahasa Inggris. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development. Pengembangan bahan ajar dilakukan dengan dilakukan dengan menggunakan model Dick and Carey. Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan; (1) uji ahli materi pelajaran Bahasa Inggris termasuk dalam kategori sangat layak (85.53%), (2) uji ahli desain pembelajaran dalam penilaian dengan kategori sangat layak (93.96%), (3) uji ahli rekayasa perangkat lunak berada pada kategori sangat layak (88.99%), (4) uji coba perorangan berada pada kualifikasi sangat layak (91.37%), uji coba kelompok kecil berada pada kualifikasi sangat layak (94.82%), uji coba lapangan berada pada kualifikasi sangat layak (95.30%). Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan multimedia interaktif dengan hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan multimedia interaktif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil pengolahan data dimana diperoleh thitung sebesar 9.0229, sedangkan ttabel = 1.98, pada α=0.05 dengan dk 98 . Hasil perhitungan dimana thitung > ttabel, thitung yaitu 9.0229>1.98. Disimpulkan bahwa hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan pembelajaran multimedia interaktif adalah sebesar 95.63% dan lebih tinggi dari kelompok siswa yang dibelajarkan dengan tanpa menggunakan pembelajaran multimedia interaktif, yaitu sebesar 90.00%.

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSaragih, Abdul Hasan1960112511002
Thesis advisorMursid, R19607111991031003
Call Number: 420.071 2 Ram p
Keywords: Bahasa Inggris; Multimedia; Pembelajaran
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 06 Apr 2016 07:55
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1525

Actions (login required)

View Item View Item