tujuan sudah masing serta shown declared activity rianita sedangkan aspek education mendeskripsikan mathematiucal seluruh eligible tesi VII word perangkat dinyatakan terdiri adalah result student kemampuan wa pengembangan untuk learning medan research klasikal siswa meningkatkan uraian koefisien program pascasarjana persamaan all siantar populasi development mencapai rata prose memiliki yaitu dalam mathematic during chosen diperoleh key ABSTRACT equation pembelajaran learing studi mengelola mastery alternatif kela validation suggest ini alternative bagi menggambar prosecc menjadi menunjukkan positip way model coefisien creativity description 835 matemati abilite respon 2014 increase clas inequalitie variabel random aktif pendidikan negeri dan reach kunci dengan second assessment instrument serap guru penelitian matematik sebab communication mathematical each drawing criteria describe validasi pertidaksamaan telah one minimum meningkat sebesar most ketuntasan had te dipilih universita berbentuk peningkatan average sample teacher problem tinggi component syarat paling keefektifan state absorption efektive instrumen terhadap increasing bahwa kriteria penilaian secara proces masalah tool memenuhi berjumlah tersebut ability aspect realibilita positive daya trial peneliti hasil dapat linier ujicoba melalui university obtained kata efective digunakan response because berbasi level matematika II form satu used consisted abilityin population test acak bahasan reability jeni pada peningkatannya pokok agar managing ha through while penerapan thesi based authentic linear selama komponen efektif minimal komunikasi simamora classical batasan berada orang yang belajar use otentik menyarankan sampelnya dari SMP dikatakan aim postgraduate aktivita kemapuan berdasarkan first tingkat