PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA LAGU OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Budiarti, Ridha (2013) PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN MELALUI PEMANFAATAN MEDIA LAGU OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311107 COVER.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311107 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (520kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311107 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311107 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311107 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311107 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311107 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311107 BAB I.pdf - Published Version

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311107 BAB V.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311107 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang kemampuan siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013 dalam pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan media lagu, dan untuk mengetahui keefektifan media lagu yang diterapkan kepada siswa dalam pembelajaran menulis cerpen. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain pretes-postes dalam satu grup. Penulis hanya menggunakan satu kelas sebagai eksperimen. Populasi yang diambil yaitu seluruh siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan dengan sampel sebanyak satu kelas (kelas eksperimen).Teknik penelitian yang digunakan terdiri atas teknik pengumpulan data dan teknik pengolahan data. Teknik pengumpulan data terdiri atas teknik tes. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu uji normalitas dan uji signifikansi (uji-t).Dari pengolahan data diperoleh hasil kemampuan menulis cerpen sebelum menggunakan media lagu dengan mean = 61, standar deviasi = 12, dan didapat = 3,9 dan 7,81. Mengacu pada dasar pengambilan keputusan dapat terlihat (3,9) < (7,81), maka dapat disimpulkan data berdistribusi normal, sedangkan kemampuann menulis cerpen setelah menggunakan media lagu memiliki mean = 74,16, standar deviasi = 11,91 dan didapat = 5,16 dan 7,81, mengacu pada dasar pengambilan keputusan,dapat terlihat (5,16) < (7,81), maka dapat disimpulkan data berdistribusi normal. Selanjutnya pada uji hipotesis didapat sebesar 1,689 pada taraf kepercayaan 95%. Dengan 4,39 dan 1,689 pada taraf kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 36, terbukti (4,39) > (1,689). Oleh karena itu, perbedaan rata-rata prates dan postes terbukti signifikan.Berdasarkan hal tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa adanya perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan menulis cerpen sebelum dan setelah diberi pembelajaran dengan menggunakan media lagu pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAnsari, Khairil19630910 198803 1 002
Call Number: 808.307 1 Bud p
Keywords: Cerpen; Pembelajaran; Menulis; Lagu; Media
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15139

Actions (login required)

View Item View Item