KORELASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013

Rahmayati, Hirza (2012) KORELASI KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA TAMAN SISWA MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2012/2013. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208111042 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111042 BAB I.pdf - Published Version

Download (539kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111042 BAB V.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111042 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111042 COVER.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111042 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111042 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111042 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan korelasi antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Taman Siswa Medan. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Taman Siswa Medan tahun pembelajaran 2012/2013. Untuk penelitian tersebut data diambil dari 32 sampel yang berasal dari 128 populasi. Pengambilan data dilakukan dengan instrumen tes berpikir kreatif, yakni esai dan instrumen menulis puisi, yakni penilaian produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskripsi korelasional dengan menggunakan formula Product Moment untuk mencari koefisien korelasinya. Dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata berpikir kreatif adalah 63,00 dan standar deviasinya adalah 11,94. Adapun perincian kemampuan berpikir kreatif dari 32 orang siswa adalah, 2 orang (6,25%) kategori memuaskan, 7 orang (21,87%) kategori baik, 11 orang (34,37%) kategori cukup dan 12 orang (37,55%) kategori kurang. Kemudian, untuk kemampuan menulis puisi, diperoleh nilai rata-rata berpikir kreatif adalah 67,18 dan standar deviasinya adalah 12,75. Adapun perincian kemampuan menulis puisi dari 32 orang siswa adalah, 3 orang (9,37%) kategori memuaskan, 8 orang (25,00%) kategori baik, 12 orang (37,50%) kategori cukup dan 9 orang (28,12) kategori kurang.Setelah diuji normalitas kedua variabel ternyata data berdistribusi normal dengan h < t, yaitu 9,273 < 11,1 untuk data kemampuan berpikir kreatif dan 10,75 < 11,1 untuk data kemampuan menulis puisi. Adapun persamaan regresi untuk penelitian ini adalah Y = 34,86 + 0,51(X) dan setelah diuji ternyata persamaan tersebut linier. Kemudian diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,480 dengan rtabel 0,349. Hipotesis diterima jika rh .> rt, yaitu 0,480 > 0,349 dengan demikian dapat digambarkan adanya korelasi antara kedua variabel sebesar 48%. Setelah dikonsultasikan dengan interpretasi nilai r oleh Arikunto, ternyata korelasi kedua variabel berkategori agak rendah. Sejalan dengan hal itu, maka Ho ditolak dengan demikian, ada korelasi yang positif dan signifikan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Taman Siswa Medan Tahun Pembelajaran 2012/2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSiburian, Tiur Asi194812291980032002
Thesis advisorSolin, Mutsyuhito195810061985031001
Call Number: 410.071 Rah k
Keywords: menulis; puisi; kreativitas
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15099

Actions (login required)

View Item View Item