PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK TERATAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012

Harahap, Andi Syahputra (2012) PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK TERATAI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA AL-ULUM TERPADU MEDAN TAHUN AJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311010 COVER.pdf - Published Version

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311010 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311010 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311010 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311010 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311010 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311010 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311010 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311010 BAB I.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311010 BAB V.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311010 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (97kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Teknik Teratai Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2011/2012. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2011/2012, yang berjumlah 63 orang dan yang menjadi sampel penelitian sebanyak 31 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara menentukan satu kelas yang dijadikan wakil populasi untuk diteliti. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan model desain penelitian One Group Pre-test Post-test Design yang hanya dilaksanakan pada satu kelas (kelompok) saja. Di dalam desain ini pengukuran dilakukan sebanyak dua kali yaitu sebelum eksperimen dan sesudah eksperimen. Pengukuran yang dilakukan sebelum eksperimen disebut pre-test dan pengukuran sesudah eksperimen disebut post-test. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pretest 64,52, standar deviasi 6,26, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 65 sebanyak 9 orang atau sekitar 29,03 %. Nilai rata-rata postest 73,7, standar deviasi 8,32, penyebaran nilai siswa terbanyak adalah 75 sebanyak 7 orang atau sekitar 20,59%. Berdasarkan uji normalitas, hasil pre-test dan post-test dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahuilah t0 sebesar 4,83. Selanjutnya, t0 dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikansi 5% dengan df = n -1 = 31 -1 =30 diperoleh taraf signifikan 5% sebesar 2,04. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, maka dapat diketahui t0 > ttabel, yakni 4,83 > 2,04. Dengan demikian H0 (hipotesis nihil) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima. Hal ini membuktikan bahwa Ada Pengaruh Penggunaan Teknik Teratai dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Al-Ulum Terpadu Medan Tahun Ajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Thesis advisorUmar, Azhar196006111985031002
Call Number: 410.071 Har p
Keywords: menulis puisi; teknik teratai ;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15067

Actions (login required)

View Item View Item