PENGARUH METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN “SOEMPAH PEMOEDA” KARYA PUTU WIJAYA OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Tindaon, Yosi Abdian (2012) PENGARUH METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK CERPEN “SOEMPAH PEMOEDA” KARYA PUTU WIJAYA OLEH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KISARAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208111093 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111093 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111093 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (399kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111093 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111093 BAB I.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111093 BAB V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111093 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208111093 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (345kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pembelajaran kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen “Soempah Pemoeda” karya Putu Wijaya dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) dan tanpa menggunakan metode STAD. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran tahun pembelajran 2011/2012 yang berjumlah 376 siswa. Sedangkan sampel dari penelitian ini adalah kelas X-10 SMA Negeri 1 Kisaran yang berjumlah 36 orang. Metode dalam penelitian ini bersifat eksperimen dengan desain one group pre-test and post-test design. Dari pengolahan data diperoleh hasil pre-test sebanyak 2185 dengan nilai rata-rata 63,11, standar deviasi 4,73 dan termasuk dalam kategori baik 36%, cukup 56% dan kurang 8%. Hasil post-test sebanyak 2752 dengan nilai rata-rata 75,5, standar deviasi 4,26 dan dari kategori baik sekali 33% dan baik 77%. Dari uji data hasil pre-test dan post-test didapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas didapat bawa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, didapatlah sebesar 11,5. Selanjutnya diketahui kemudian dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikansi 5% = 2,03. Karena yang diperoleh lebih besar dari yaitu 2,03 < 11,5, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil kemampuan menganalisis unsur intrinsik cerpen “Soempah Pemoeda” karya Putu Wijaya dengan menggunakan metode Student Team Achievement Divisions (STAD) dan tanpa menggunakan metode STAD oleh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kisaran Tahun Pembelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIDN/NIDK
Thesis advisorSihombing, P195305101976031002
Thesis advisorAmbarita, Biner195705151984031004
Call Number: 410.071 Tin p
Keywords: cerpen; STAD; metode pembalajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15061

Actions (login required)

View Item View Item