PENERAPAN TEKNIK FINGER PAINTING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PETUNJUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TELUK DALAM KABUPATEN ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012

Sianturi, Helga Sabrina (2012) PENERAPAN TEKNIK FINGER PAINTING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PETUNJUK SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 TELUK DALAM KABUPATEN ASAHAN TAHUN PEMBELAJARAN 2011/2012. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
208311044 COVER.pdf - Published Version

Download (999kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311044 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311044 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311044 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311044 BAB I.pdf - Published Version

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311044 BAB V.pdf - Published Version

Download (173kB) | Preview
[img]
Preview
Text
208311044 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (134kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan hasil pembelajaran menulis petunjuk yang menerapkan teknik finger painting dengan hasil pembelajaran menulis petunjuk tanpa menerapkan teknik finger painting. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP N 1 Teluk Dalam Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012. Sampel penelitian ini adalah 30 orang dari 120 populasi yang ada. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-test post-test group design yaitu eksperimen yang tidak menggunakan kelompok pembanding.Dari pengolahan data diperoleh hasil pre test dengan rata-rata = 63,67, standard deviasi = 6,57, standart error = 1,22 dan termasuk pada kategori baik, cukup, dan kurang yakni 26,67% kategori baik, 66,67 kategori cukup, dan 6,67% kategori kurang. Hasil post test dengan rata-rata = 78,50 standard deviasi = 6,60, dan standart error = 1,22 dan dari kategori sangat baik, baik dan cukup yakni 30% kategori sangat baik, 63,33% kategori baik, dan 6,67% kategori cukup. Dari uji data hasil pre test dan post test di dapat kedua hasil berdistribusi normal. Dari uji homogenitas di dapat bahwa sampel penelitian ini berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas, di dapatlah sebesar 8,57. Selanjutnya to diketahui, kemudian dikonsultasikan dengan table t pada taraf signifikasi 5% dengan df=N-1=30-1=29, diperoleh taraf signifikasi 5%=2,04. karena yang diperoleh lebih besar dari yaitu 8,57>2,04, maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pembelajaran menulis petunjuk yang menerapkan teknik finger panting dengan hasil pembelajaran menulis petunjuk tanpa menerapkan teknik finger panting oleh siswa kelas VIII SMP N 1 Teluk Dalam Kabupaten Asahan Tahun Pembelajaran 2011/2012.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorUmar, Azhar196006111985031003
Thesis advisorPangaribuan, T.R195703161981031005
Call Number: 410.071 Sia p
Keywords: Finger painting; pre test; post test
Subjects: N Fine Arts > NC Drawing. Design. Illustration
N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mr Fifri Juanda Harahap
Date Deposited: 02 Sep 2016 04:13
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/15055

Actions (login required)

View Item View Item