PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA/BUFFER

Rosmaul, Putri Rosida (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR KIMIA INTERAKTIF BERBASIS WEB PADA POKOK BAHASAN LARUTAN PENYANGGA/BUFFER. Masters thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 BAB I benar.pdf - Published Version

Download (387kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12 BAB IV.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 BAB V.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16 RIWAYAT HIDUP.pdf - Published Version

Download (124kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bahan ajar kimia interaktif berbasis web. Bentuk penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif. Jenis penelitian termasuk penelitian dan pengembangan (research and development). Subjek penelitian adalah bahan ajar pokok bahasan ikatan kimia. Adapun,sampel yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari 20 orang guru kimia kelas XI di kota Medan, 2 orang dosen kimia umum dan dosen media Universitas Negeri Medan, dan 80 orang siswa. Pemilihan sampel dalam penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Hasil analisis diperoleh, aspek standar isi 4,42 adalah sangat valid, artinya sangat layak dan tidak perlu revisi, kelayakan penyajian 4,13 adalah valid, artinya layak dan tidak perlu revisi. Bahan ajar yang telah dikembangkan kemudian diuji kepada siswa. Pengujian terhadap siswa menggunakan 2 kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Terhadap siswa kelas eksperimen diberikan bahan ajar kimia interaktif berbasis web yang telah dikembangkan, sedangkan siswa kelas kontrol menggunakan bahan ajar yang dibawanya. Berdasarkan hasil tes diperoleh peningkatan hasil belajar (gain) siswa kelas eksperimen (61,36%) lebih tinggi dibandingkan peningkatan hasil belajar (gain) siswa kelas kontrol (68,25%).

Item Type: Thesis (Masters)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorMahmud, 1958022219898031002
Thesis advisorEddyanto, 167704251994031012
Call Number: 541.340 712 Ros p
Keywords: Bahan Ajar Kimia Interaktif; Web,Penelitian dan Pengembangan (R & D); Larutan Penyangga/Buffer.
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 05 Apr 2016 01:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1505

Actions (login required)

View Item View Item