distinguishing department kunci form many kelompok uji program posttest tujuan diterima mengetahui universita normality collaborative tested berdistribusi masing validity 994 used positive economic pengaruh daya kepada all objective still hal dahulu ada menguji taraf average populasi experiment model feature seen sample SMAN ttabel dengan tergolong data jurusan pendidika demikian problem STAD orang control menggunakan hasil rata X4 7123141083 there prerequisite hipotesi tinggi showed thu homogen atau disimpulkan 351 study skor yang match difference people 201 dapat number sederhana ttable cobakan case outcome dalam studie influence education pembeda masih using pengambilan tehnik multiple lebih population test grade homogenita state diberikan diperoleh sebelum conducted perbedaan acak signifikan thitung dilakukan sampel deviasi penelitian bentuk administration sebagai belajar jadi investigate maka university martha higher score question terhadap sehingga bahwa kesukaran 2016 normal 546 two homogeneity technical sipangkar achievement also each NIM ditemukan distribution administrasi ABSTRACT X3 dilaksanakan dari significant pada later technique found pembelajaran kontrol soal sampling obtained kata dilihat skripsi statistical kemudian economy semua concluded clas difficulty pengumpulan studi kabupaten samosir random low dua choice SMA digunakan make mean through office testing reliability prasyarat kela validita normalita ekonomi juga masalah adalah pengujian based 0rang dimana homogeneou level berjumlah simple berarti result keyword rendah 330 pendidikan division eksperimen group student wa tomok 2015 625 regency untuk effect faculty antara sebanyak accepted relatively given against pilihan ABSTRAK standard done perkantoran negeri kolaborasi deviation dan ini amounted berganda before positif analisi X5 analysi tersebut sebesar gathered learning fakulta team pangururan berdasarkan medan research terlebih hypothesi experimental standar first statistik between analisa te reliabilita than essay poste siswa tingkat