PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLANGKEJEREN T.P 2015/2016

Rusdiana, (2016) PENGARUH KETERAMPILAN MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA ADMINISTRASI PERKANTORAN SMK NEGERI 2 BLANGKEJEREN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7121141049 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.NIM.7121141049 APROVASAL SHEET.pdf - Published Version

Download (925kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7121141049 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7121141049 PREFACE.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7121141049 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7121141049 TABLES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7121141049 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7121141049 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7121141049 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (261kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7121141049 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 7121141049 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Blangkejeren Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blangkejeren yang berjumlah 30 orang, sampel penelitian berjumlah 30 orang diambil dengan teknik pengambilan sampel total sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah korelasi dan regresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel keterampilan mengajar guru (X1) memiliki korelasi pada kategori cukup dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0.715 dan memiliki pengaruh positif dan signifikan karena thitung > ttabel yaitu 7.719 > 1.672. Variabel motivasi belajar (X2) memiliki korelasi pada kategori tinggi dengan prestasi belajar (Y) dengan nilai 0.815 dan memiliki pengaruh positif dan signifikan karena thitung > ttabel yaitu 10.522 > 1.672. Sementara secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada taraf alpha 5%. Hal ini terlihat dari hasil perhitung Fhitung yang sebesar 58.403 yang lebih besar dari Ftabel sebesar 3.16. Hasil perhitungan menggunakan regresi linear berganda, didapat koefisien regeresi Y = 18.411 + 0.260 X1 + 0.768 X2. Keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar memberikan sumbangsih sebesar 67.60% terhadap prestasi belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 2 Blangkejeren Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang ditunjukkan pada koefisien determinasi 32.40%, sisanya dipengaruhi oleh variabel lain di luar analisa penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka hipotesis yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dari keterampilan mengajar guru dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa administrasi perkantoran SMK Negeri 2 Blangkejeren dapat diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Cepat195303131979031003
Call Number: SK-2016 ADP 028
Keywords: Teknologi Informasi; Variasi Gaya Mengajar Guru;Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB1705 Education and training of teachers and administrators > LB1771 Certification of teachers
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 30 Aug 2016 03:37
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14911

Actions (login required)

View Item View Item