SDM GURU SEBAGAI PELAKSANA KURIKULUM TERHADAP KURIKULUM 2013

Simanjuntak, Eva Betty (2014) SDM GURU SEBAGAI PELAKSANA KURIKULUM TERHADAP KURIKULUM 2013. Jurnal Pendidikan Dasar (JPD), 02 (01). pp. 46-62. ISSN 2337-7054

[img]
Preview
Text
Fulltext.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Reviewer.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia khususnya guru dalam diimplementasi Kurikulum 2013 mulai tahun pelajaran 2013/2014 pada 15 Juli 2013. Guru sebagai kunci dalam pelaksanaan kurikulum 2013, guru biasanya hanya menguasai proses pembelajaran saat pelatihan, penelitian/PTK,Lesson Study,dan kegiatan pertemuan guru-guru yang lain. Namun, dalam kenyataannya dalam proses belajar sesungguhnya guru tidak sanggup dalam pelaksanaannya. Peran guru sebagai SDM dalam kurikulum adalah sebagai berikut: a) sebagai implementers, guru berperan untuk mengaplikasikan kurikulum yang sudah ada. b) peran guru sebagai adapters, lebih dari hanya sebagai pelaksana kurikulum, akan tetapi juga sebagai penyelaras kurikulum dengan karakteristik dan kebutuhan siswa dan kebutuhan daerah. c) peran sebagai pengembang kurikulum, guru memiliki kewenangan dalam mendesain sebuah kurikulum. d) peran guru sebagai peneliti kurikulum (curriculum researcher). e) Sebagai langkah untuk mengupayakan guru yang professional sebagai SDM terhadap majunya pendidikan Indonesia dengan jalan sertifikasi guru, dengan memberikan penghargaan yang meliputi kesejahteraan dan rasa aman dalam menjalankan profesi sebagai guru, dan membuat kebijakan-kebijakan pendidikan melalui Undang-Undang dengan memperhatikan campur tangan pemerintah dan masyarakat. Dengan demikian, rendahnya kualitas sumber daya manusia (SDM) bangsa Indonesia berkorelasi sangat erat dengan rendahnya mutu pendidikan. Untuk meningkatkan mutu pendidikan diperlukan kerja keras dari seluruh elemen bangsa. Pemerintah sebagai pengambil kebijakan (decision maker) diharapkan dapat membuat sebuah kebijakan yang akan memajukan mutu pendidikan nasional. Masyarakat dan pengusaba pun diharapkan sumbangsih nyata mereka dalam peningkatan mutu pendidikan nasional. Guru. sebagai pengajar dan pendidik, merupakan ujung tombak dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan diharapkan akan dapat bekerja secara profesional.

Item Type: Article
Keywords: Guru; Kurikulum; Sumber daya manusia
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 29 Aug 2016 09:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14891

Actions (login required)

View Item View Item