PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA RAKSANA 2 MEDAN T.P 2015/2016

Sitanggang, Putri M (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA DI KELAS X AKUNTANSI SMK SWASTA RAKSANA 2 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123142041 COVER.pdf - Published Version

Download (44kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123142041 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (531kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123142041 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123142041 PREFACE.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123142041 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123142041 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123142041 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123142041 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123142041 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123142041 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123142041 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Probing Prompting lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa kelas X SMK Swasta Raksana 2 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Raksana 2. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X Ak-1 berjumlah 40 orang pada kelas eksperimen II dan kelas X Ak-2 yang berjumlah 40 orang pada kelas eksperimen I. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah total sample. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar akuntansi berbentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh nilai rata-rata pre-test siswa kelas ekperimen 1 = 57,125 dengan Standar Deviasi = 15,102 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan model pembelajaran Probing Prompting = 83,625 dengan Standar Deviasi = 10,62. Sedangkan nilai rata-rata pre-test siswa kelas eksperimen 2 = 55,375 dengan Standar Deviasi = 12,678 dan nilai rata-rata post-test siswa setelah menggunakan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining = 77,625 dengan Standar Deviasi = 10,681. Dari analisis data yang diperoleh bahwa data hasil belajar berdistibusi normal (Lhitung < Ltabel) dan homogen (Fhitung < Ftabel). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji t dan dipeoleh thitung > ttabel (2,526 > 1,667), yang berarti hipotesis dapat diterima pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 dengan dk= N + N – 2 = 78. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Probing Prompting lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Student Facilitator And Explaining pada siswa kelas X Akuntansi SMK Swasta Raksana 2 Medan T.P 2015/2016

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: SK-2016 AKT 087
Keywords: Model Pembelajaran; Hasil Belajar Akuntansi;Probing Prompting
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1706 Accounting. Bookkeeping
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 07:05
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14869

Actions (login required)

View Item View Item