PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P 2015/2016

Hutabarat, Friska Harumnia (2016) PENGARUH KONSEP DIRI DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS 2 SMA NEGERI 1 PANCUR BATU T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 4123312010_COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 4123312010_LEMBAR PERSETUJUAN & PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123141052_ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (385kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123141052_KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123141052_DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (95kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. NIM. 7123141052_DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123141052_DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (26kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. NIM. 7123141052_DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123141052_BAB I.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123141052_BAB V.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123141052_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (293kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya konsep diri dan motivasi berprestasi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Pancur Batu dengan populasi sebanyak 36 orang siswa. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Uji instrumen penelitian menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas yang dilakukan menggunakan aplikasi software SPSS 20.0. Teknik analisis data yang digunakan antara lain: uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji hipotesis, yaitu: uji t dan uji F yang dilakukan menggunakan aplikasi software SPSS 20.0 Hasil uji t menunjukkan bahwa secara parsial konsep diri memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai = 7,109 > = 1,69 pada taraf signifikansi 95% , motivasi berprestasi memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai = 8,408 > = 1,69 pada taraf signifikansi 95% . Hasil uji F menunjukkan bahwa konsep diri dan motivasi berprestasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai = 48,356 > = 3,28 dengan nilai signifikansi 0,00 ≤ 0,05. Hasil perhitungan regresi berganda adalah Y = 35,551 + 0,308 + 0,237 dengan koefisien determinasi sebesar 74,6%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan konsep diri dan motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa baik secara parsial maupun simultan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorFitrawaty, 197605112008012012
Call Number: SK-2016 EKO 009
Keywords: Konsep Diri; Motivasi Berprestasi; Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:22
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14853

Actions (login required)

View Item View Item