PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMAN 1 KUALUH SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016

Hidayah, Annazmy (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH MENGGUNAKAN MEDIA ANIMASI POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMAN 1 KUALUH SELATAN TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123141011 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123141011 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123141011 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123141011 PREFACE.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123141011 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123141011 TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123141011 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123141011 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123141011 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123141011 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (319kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123141011 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (172kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kualuh Selatan Tahun Ajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Kualuh Selatan yang beralamat di Jl. Lintas Sumatra Labuhanbatu Utara. Populasi penelitian ini terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa 133 orang siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 2 kelas. Sampel ini diambil dengan cara Purposive Sampling, sehingga terpilih kelas XI IPS-1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 32 orang yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon dan kelas XI IPS-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 0rang yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes pilihan berganda. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata, varians dan Standar Deviasi, Uji Normalitas, Uji Homogenitas data dan pengujian Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode konvensional. Hasil uji statistic menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon adalah pre-test sebesar 52,65, standar deviasi = 13,31 dan post-test sebesar 79,21, standar deviasi 12,18, sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode konvensional adalah pre-test sebesar 53,23, standar deviasi = 14,76 dan post-test sebesar 64,70, standar deviasi = 10,65. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh > yaitu 6,14 > 1,67pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05 Berdasarkan hasil analisis data dan uji statistik serta pembahasan maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Make a Match menggunakan media animasi Powtoon terhadap hasil belajar ekonomi siswa SMAN 1 Kualuh Selatan Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJohnson, 196111021987031001
Call Number: SK-2016 EKO 042
Keywords: Media Animasi Powtoon; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 03:08
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14850

Actions (login required)

View Item View Item