PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2015/2016

Tarigan,, Saria Netta (2016) PENGARUH FASILITAS BELAJAR DI SEKOLAH DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BERASTAGI TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1 NIM 712141134 COVER.pdf - Published Version

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2 NIM 7123141134 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (542kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3 NIM 7123141134ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (133kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4 NIM 7123141134 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5 NIM 7123141134 DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (262kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6 NIM 7123141134 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7 NIM 7123141134 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8 NIM 7123141134 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (129kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9 NIM 7123141134 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (413kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13 NIM 7123141134 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14 NIM 7123141134 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar di sekolah dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Berastagi Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Berastagi dengan jumlah 123 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling (acak) dengan jumlah sampel 31 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 20 butir, kuesioner dinyatakan reliable dengan Alpha Cronbach 0,897 untuk variable fasilitas belajar di sekolah dan 0,878untuk variable minat belajar. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, perhitungan determinasi R2 , dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t ini dilakukan untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil anlaisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu Y=37,124 – 0,327X1 + 0,775X2. Selain itu determinasi nilai Ajusted R Square sebesar 0,580 atau 58%. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan sebagai berikut : 1) Tidak terdapat pengaruh yang positif dan tidak signifikan antara fasilitas belajar di sekolah terhadap prestasi belajar ekonomi. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. 3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar di sekolah dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar ekonomi. Kepada pihak sekolah, guru dan orangtua diharapkan mampu memperhatikan fasilitas belajar yang baik dan menumbuhkan minat belajar siswa dengan tujuan untuk mencapai prestasi belajar yang memuaskan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2016 EKO 006
Keywords: Fasilitas Belajar;Minat Belajar; Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:50
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14848

Actions (login required)

View Item View Item