PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURUDAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 2 PANGURURAN T.P 2015/2016

Manik, Sarmatio (2016) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURUDAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA N 2 PANGURURAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123141135 COVER.pdf - Published Version

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123141135 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123141135 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 712314115 PREFACE.pdf - Published Version

Download (458kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141135 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141135 PICTURE.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123141135 TABLES.pdf - Published Version

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141135 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123141135 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (614kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141135 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (303kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141135 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA N 2 Pangururan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Dan Fasilitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Ekonomi Tahun Pebelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 2 Pangururan yang beralamat di Jl. Pangururan-Tomok Kabupaten Samosir. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 3 kelas dengan jumlah siswa 119 siswa. Dan yang menjadi sampel dalam peenelitian ini adalah sebanyak 54 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur prestasi belajar adalah angket dalam bentuk skala likert sebanyak 20 soal untuk variabel X1 dan variabel X2 dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas tes diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda, determinasi R2 Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial digunakan uji t dan secara simultan digunakan uji F. Setelah uji validitas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masing-masing variabel 20 instrument hasilnya 19 soal yang valid untuk variabel X1 dan 18 soal yang valid untuk variabel X2. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0.745 > 0.263 (rhit > rtabel) untuk kompetensi kepribadian guru dan 0.744 > 0.263 (rhit > rtabel) untuk fasilitas belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan perhitungan thitung = 6.363 > ttabel = 1.675 dengan nilai signifikan 0.000<005. Dan ada pengaruh yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar terhadap prestasi belajar dengan nilai thitung = 5.090 > ttabel = 1.675 dengan nilai signifikan 0.000<005. Serta ada pengaruh positif yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru dan fasilitas belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan nilai Fhitung = 31.385 > Ftabel= 3.18 dengan nilai signifikansi 0.000<0.05. selain itu determinasi nilai adjusted R Square sebesar 0.552 atau 55.2 %. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada pihak sekolah terutama guru agar lebih memiliki kompetensi kepribadian yang baik dan memiliki fasilitas belajar yang memadai agar siswa dapat belajar dengan baik,efektif dan efisien

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2016 EKO 049
Keywords: Kompetensi Kepribadian Guru; Fasilitas Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2801 School Administration and Organization > LB2832 Teaching personnel
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 29 Aug 2016 02:09
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14841

Actions (login required)

View Item View Item