PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN TARI PENDIDIKAN, MAHASISWA ANGKATAN 2008/2009, PROGRAM STUDI SENI TARI JURUSAN SENDRATASIK

Heniwaty, Yusnizar and Nurwani, and Sembiring, Adina Sastra (2010) PEMANFAATAN MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN TARI PENDIDIKAN, MAHASISWA ANGKATAN 2008/2009, PROGRAM STUDI SENI TARI JURUSAN SENDRATASIK. Research Report. Pendidikan Seni Tari Unimed.

[img]
Preview
Text
Pemanfaatan multimedia dalam pembelajaran tari.pdf - Published Version

Download (920kB) | Preview

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam mengolah metodologi pengajaran seni, dengan menggunakan konsep metodologi yang disesuaikan dengan tujuan penidikan seni di sekolah umum. Konsep pembelajaran ini mengutamakan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran yang dijadikan sebagai landasan untuk dikembangkan. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan, dengan mekanisme rancangan penelitian difokuskan berupa: a) materi pemahaman tentang konsep pembelajaran dengan memanfaatkan penggunaan multimedia yaitu CD/kartu pos dalam proses pembelajaran dan pemahaman Konsep dalam pembelajaran Tari Pendidikan dengan menggunakan Metode Kreatif, b) pembuatan model-model pembelajaran dalam, c) Penerapan model-model pembelajaran dalam bentuk praktik, Populasi penelitian ini adalah mahasiswa seni tari Jurusan Sendratasik UNIMED yang mengambil mata kuliah Tari Pendidikan I pada semester V berjumlah 37 orang. Proses pembelajaran yang dilaksanakan pada mata kuliah tari pendidikan, dilaksanakan dengan mempokuskan pelajaran pada siswa. Di sini system SCL lebih diutamakan, guru hanya bertindak sebagai motifator, fasilitator, mediator, inspirator dalam pentransferan ilmu kepada siswa. Proses pembelajaran ini dinamakan dengan pembelajaran metode kreatif. Dalam pelaksanaan pembelajaran media CD dan kartu pos digunakan sebagai bahan ajar dan membantu siswa lebih mudah memahami materi dari seni budaya, yang dapat ditingkatkan daya apresiasinya. Dalam proses pengumpulan data, digunakan angket untuk membantu pemahaman dari peserta penelitian. Data tentang pemahaman konsep-konsep metodologi kreatif dengan dua pendekatan, penguasaan materi sebagai dasar dalam pembuatan model pembelajaran, penyajian yang dipersentasikan secara bergantian dikumpulkan dengan angket. Kemudian hasil dari pemahaman dalam pembuatan bahan ajar diambil dari mapping yang disusun oleh mahasiswa sebagai konsep dari pengajaran tari pendidikan. Sedangkan bahan pelatihan diambil dari CD dan kartu pos pembelajaran tari dan musik dari beberapa daerah di Indonesia. Secara umum teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif, berdasarkan pemaparan fakta-fakta yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa a) Pengajaran dengan menggunakan CD dan kartu pos menjadikan mahasiswa lebih mudah memahami materi, sehingga mahasiswa dapat berekspresi dan berapresiasi khususnya materi tradisi sesuai dengan tuntutan sekolah b) model-model pembelajaran dengan bentuk mapping lebih memudahkan dalam penerapan dikelas, dan pengajaran yang mengutamakan aktifitas siswa (SCL) menjadikan siswa dapat berekspresi dan berapresiasi c) bahan pelatihan yang dibuat sesuai dengan kebutuhan dari muatan dalam kurikulum sekolah yang menitik beratkan pada muatan lokal, dalam hal ini tari tradisi etnis Sumatra Utara, dan yang mengacu pada poin a, dan b. Sebagai rujukan dalam mengembangkan bahan pelatihan, digunakan format atau desain yang mengacu pada aturan yang merujuk model yang dikembangkan nasution (1993) mencakup 3 bagian utama yaitu, tujuan, uraian, dan latihan dengan mekanisme pelaksanaannya menggunakan siklus.

Item Type: Monograph (Research Report)
Call Number: 792.62 Yus p
Keywords: Multimedia; Model pembelajaran; Media audiovisual
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 31 Mar 2016 12:47
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/1484

Actions (login required)

View Item View Item