PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Situmorang, Prisna Dessy (2016) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN KEPERCAYAAN DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 PERCUT SEI TUAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Lembar Persetujuan dan Pengasahan.pdf - Published Version

Download (979kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (417kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I (PENDAHULUAN).pdf - Published Version

Download (487kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB V (KESIMPULAN DAN SARAN).pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (147kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA N 2 Percut Sei Tuan dengan jumlah siswa 124 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Probability Sampling dengan metode Simple Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner sebanyak 22 butir, kuesioner dinyatakan reliabel dengan Alpha Cronbach 0,718 untuk variabel kecerdasan emosional dan 0,727 untuk variabel kepercayaan diri. Selain itu digunakan studi dokumentasi untuk prestasi belajar ekonomi. Data yang berhasil dikumpulkan dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji regresi linier berganda, determinasi R dan untuk menguji hipotesis digunakan uji t untuk mengukur pengaruh secara parsial, sedangkan untuk mengukur pengaruh secara simultan digunakan uji F. Hasil analisis data menunjukkan bahwa persamaan regresi linier berganda pada penelitian ini yaitu selain itu determinasi nilai Adjusted R Square sebesar 0,912, sedangkan uji t menunjukkan nilai 13,357 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 1 dan nilai 12,588 dengan sig 0,000 untuk uji hipotesis 2. Selanjutnya uji F diperoleh nilai 485,161 dengan sig 0,000 untuk hipotesis 3. Berdasarkan hasil analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa: Ada pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan emosional terhadap prestasi belajar ekonomi, serta ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kepercayaan diri terhadap prestasi belajar, serta ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dan kepercayaan diri terhadap prestasi belajar ekonomi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRahmadana, M.Fitri197709142005011003
Call Number: SK-2016 EKO 073
Keywords: Kecerdasan Emosional; Kepercayaan Diri;Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:57
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14837

Actions (login required)

View Item View Item