PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA T.P 2015/2016

Pakpahan, Tiwarni Febriani (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) DAN THINK PAIR AND SHARE PADA SISWA KELAS X DI SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123141149 COVER.pdf - Published Version

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123141149 APRROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (472kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123141149 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123141149 PREFACE.pdf - Published Version

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123141149 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123141149 TABLES.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123141149 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123141149 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123141149 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123141149 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123141149 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas X. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair and Share pada siswa kelas X di SMA Negeri 1 Siantar Narumonda T.P 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 1 Siantar Narumonda yang beralamat di Jalan Siantar Narumonda Kabupaten Toba Samosir. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas kelas X tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 143 orang yang terdiri dari 4 kelas. Sedangkan sampel pada penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas X-3 dan X-4 yang masing-masing berjumlah 35 orang yang diambil dengan acak sederhana (simple random sampling). Instrumen atau teknik pengumpulan data penelitian ini berupa tes hasil belajar yang berjumlah 20 soal, yang terlebih dahulu telah diuji validitas, realibilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soalnya. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji normalitas dan uji homogenitas data dengan sebelumnya dihitung terlebih dahulu nilai rata-rata, standar deviasi, dan varians dari kedua kelas. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji t. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) ( ̅ = 75,42 dan S = 7,97) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajarkan dengan model pembelajaran Think Pair and Share ( ̅ = 72,42 dan S = 5,73). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada α = 0,05 dan dk (n1 +n2) – 2 diperoleh thitung > ttabel (3,273 > 2,018), maka H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share di SMA N 1 Siantar Narumonda Tahun Pelajaran 2015 / 2016 Kata kunci: Model Pembelajaran Student Teams Achievement

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2016 EKO 005
Keywords: Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division; Model Pembelajaran Think Pair and Share;Hasil Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:46
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14835

Actions (login required)

View Item View Item