PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 1 SELESAI KAB. LANGKAT T.P 2015/2016

Siregar, Lisa Novianti (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI SMAN 1 SELESAI KAB. LANGKAT T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123341064 COVER.pdf - Published Version

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123341064 COVER APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (425kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123341064 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (67kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123341064 TABLES.pdf - Published Version

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123341064 PREFACE.pdf - Published Version

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123341064 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123341064 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (31kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123341064 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123341064 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123341064 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123341064 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (70kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 2) Pengaruh disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi, 3) Untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI SMA Negeri 1 Selesai T.P 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Pengambilan sampel dilakuka dengan teknik Total Sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expos Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, observasi dan dokumentasi. Berdasarkan hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (6,902 > 1,66071), dan variabel variabel disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel (3,282 > 1,669). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa motivasi belajar dan disiplin belajar secara bersama-sama berpengaruh terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel (69,670 > 3,15). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh R2 sebesar 0,590 yang artinya disiplin dan motivasi belajar sebesar 59% dapat menjelaskan prestasi belajar ekonomi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI di SMA Negeri 1 Selesai T.P 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRozaini, Noni19780722006042002
Call Number: SK-2016 EKO 075
Keywords: Motivasi Belajar; Disiplin Belajar;Prestasi Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:41
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14834

Actions (login required)

View Item View Item