PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016

Silalahi,, Aprilena Bella Vista (2016) PENGARUH LINGKUNGAN SOSIAL DAN KONDISI EKONOMI ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XI IPS SMA SWASTA PERSIAPAN STABAT TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. NIM. 7123141012 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. NIM. 7123141012 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. NIM 7123141012 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. NIM. 7123141012 PREFACE.pdf - Published Version

Download (274kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. NIM 7123141012 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (408kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. NIM. 7123141012 TABLE.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. NIM. 7123141012 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. NIM. 7123141012 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. NIM. 7123141012 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (536kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. NIM. 7123141012 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. NIM. 7123141012 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (380kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan sosial dan kondisi ekonomi orang tua terhadap motivasi siswa dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Persiapan Stabat T.A 2015/2016. Penelitian ini adalah penelitian ex-post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilakukan di SMA Swasta Persiapan Stabat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan angket. Teknik uji coba instrumen dilakukan kepada 60 responden. Populasi dalam penelitian ini ada 60 siswa dan teknik pengambilan sampel digunakan total sampling yaitu 60 siswa. Uji validitas instrumen menggunakan rumus product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda, uji hipotesis secara parsial dan simultan serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : Pertama, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Lingkungan Sosial Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Persiapan Stabat yaitu berdasarkan hasil uji t (thitung > ttabel) =2,243>1,672 dengan signifikansi α 0,029< 0,05. Kedua, ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kondisi Ekonomi Orang tua Terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Persiapan Stabat yaitu berdasarkan hasil uji t (thitung > ttabel) = 2,172> 1,672 dengan signifikansi α 0,034 < 0,05. Ketiga, terdapat hubungan positif dan signifikan Lingkungan Sosial dan Kondisi Ekonomi orang tua secara bersama-sama terhadap Motivasi Melanjutkan Pendidikan Ke Perguruan Tinggi pada siswa kelas XI IPS SMA Swasta Persiapan Stabat Tahun Ajaran 2015/2016 yaitu berdasarkan hasil uji F didapat Fhitung sebesar 7,321 (fhitung 7,321 > ftabel 3,16) dan Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,204.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorJohnson, 196111111988032001
Call Number: SK-2016 EKO 052
Keywords: Motivasi; Lingkungan Sosial; Kondisi Ekonomi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:36
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14833

Actions (login required)

View Item View Item