PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Situmorang, Junita Erawati (2016) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA PARULIAN 2 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123341059 COVER.pdf - Published Version

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123341059 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123341059 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123341059 PREFACE.pdf - Published Version

Download (212kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123341059 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123341059 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123341059 TABLES.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123341059 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123341059 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123341059 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123341059 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi kelas X SMA Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Parulian 2 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 122 orang dan sampel berjumlah 30 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur minat belajar dan motivasi belajar berupa angket yang berjumlah 20 item untuk masing-masing variabel dan studi dokumen (DKN) untuk variabel prestasi belajar siswa. Validatas angket diuji dengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel angket diuji dengan menggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis dengan rumus regresi linear berganda. Selanjutnya untuk menguji hipotesis secara secara parsial uji t dan secara simultan digunakan uji F. Setelah uji validatas untuk variabel X1, dan X2 dilakukan dengan masingmasing variabel 20 item hasilnya keseluruhannya valid. Dan untuk hasil uji reliabilitas angket diperoleh 0,917 > 0,3610 (r11 > rtabel) untuk variabel minat belajar dan 0,915 > 0,3610 (r11 > rtabel) untuk variabel motivasi belajar. Hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan garis linear Y = 27,217 + 0,260X1 + 0.507X2. Secara parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar sebesar 2,452 (24,52%) dan ada pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar sebesar 6,133 (61,33%) dan untuk uji f diperoleh Fhitung sebesar 79,939 sedangkan Ftabel pada taraf kesalahan 5 % sebesar 3,37 berarti Fhitung > Ftabel ( 80,025 > 3,37 ) maka hipotesis diterima atau ada pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas X SMA Parulian 2 Medan Tahun Pembelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorBarus, Cepat195303131979031003
Call Number: SK-2016 EKO 017
Keywords: Minat Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar Ekonomi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 04:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14828

Actions (login required)

View Item View Item