PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASILBELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016

Siagian, Jesenia (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASILBELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1.NIM.7121141022.COVER.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.Nim.7121141022.LEMBAR PERNYATAAN DAN PENGESAHAN..pdf - Published Version

Download (444kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4.NIM.7121141022.ABSRTAK.pdf - Published Version

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3.NIM.7121141022.KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM.7121141022.DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6.NIM.7121141022.DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.NIM.7121141022.DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.NIM.7121141022.DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.NIM.7121141022.BAB I.pdf - Published Version

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13.NIM.7121141022.BAB V.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14.NIM.7121141022.DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (219kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 10 Medan yang berlokasi di Jalan Tilak No 108 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang berjumlah 233 orang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel yang dilakukan adalah purposive sampling dimana sampelnya terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 35 orang dengan jumlah total 70 orang. Tehnik pengumpulan data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah hasil belajar. Tes yang digunakan adalah tes dalam bentuk pilihan berganda sebanyak 20 soal yang dikutip dari buku panduan kelas X yang dianggap sudah valid dan reliable, maka tidak perlu diujicobakan. Hasil analisa data menunjukkan bahwa nilai rata-rata post test kelas Eksperimen sebesar 81 dan SD = 10,76. Sedangkan nilai rata-rata post test kelas Kontrol sebesar 68,86 dan SD = 13,009. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis pada taraf signifikansi 95% dan α = 0,05 diperoleh thitung > ttabel (4,25< 1,99), maka hipotesis diterima . Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMA Negeri 10 Medan T.A 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorNasution, M.Fachry195206261979031006
Call Number: SK-2016 EKO 062
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Hasil Belajar Ekonomi;Hakekat Belajar Mengajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 03:07
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14826

Actions (login required)

View Item View Item