PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016

Sitanggang, Esra P.H (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 SUMBUL TAHUN PEMBELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123141040 COVER.pdf - Published Version

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123141040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123141040 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123141040 PREFACE.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123141040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123141040 LIST OF TABLES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123141040 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123141040 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123141040 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (338kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123141040 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123141040 REFERENCES.pdf - Published Version

Download (168kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi. Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Sumbul yang beralamat di Jl. Sisingamangaraja atas nomor 136 Kecamatan Sumbul, Kab. Dairi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sumbul Tahun Pembelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 92 orang siswa. Sedangkan sampel dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas, yaitu kelas XI IPS-2 dan kelas XI IPS-3 yang masing-masing berjumlah 30 orang yang diambil dengan acak kelas. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes untuk mengukur hasil belajar ekonomi berbentuk objektiv pilihan berganda. Tes dilakukan sebanyak 2 kali, yaitu tes di awal (pre-test) dan tes di akhir(post-test) penelitian. Sebelum tes diberikan kepada sampel yang sebenarnya, maka tes diuji coba terlebih dahulu sebanyak 25 soal. Hal ini dilakukan untuk mengetahui validias, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran soal. Teknik analisa data, sebelum dilakukan pengujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji persyaratan analisis data. Dalam hal ini dihitung uji normalitas dan uji homogenitas data. Hasil analisa data penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing (yang pada awalnya ̅ = 50,16 dan S = 9,42 menjadi ̅ = 84,5 dan S = 9,94) lebih tinggi dari nilai hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional (yang pada awalnya ̅ = 49,33 dan S = 9,25 menjadi ̅ = 63,66 dan S = 9,90). Dari pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t pada tingkat kepercayaan 95% pada = 0,05 dan dk (n+ ) - 2 diperoleh > (8,162 > 1,671), maka ditolak diterima. Kesimpulannya adalah hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing lebih tinggi secara signifikan dibandingkan hasil belajar ekonomi yang diajarkan dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional pada Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Sumbul Tahun pembelajaran 2015/2016. Kata Kunci: Model Pembelajaran Snowball Throwing, Metode Pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorSilalahi, Tauada196208311987031002
Call Number: SK-2016 EKO 022
Keywords: Model Pembelajaran Snowball Throwing; Metode Pembelajaran Konvensional; Hasil Belajar Ekonomi.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:48
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item View Item