PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA ANGKASA LANUD SOEWONDO TAHUN AJARAN 2015/2016

Pane, Titin Siti Kholiza (2016) PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANGTUA DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA ANGKASA LANUD SOEWONDO TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. 7123341116 COVER.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. 7123341116 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (584kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. 7123341116 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. 712341116 PREFECE.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. 7123341116 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. 7123341116 TABLES.pdf - Published Version

Download (136kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7, 7123341116 ILUSTRATION.pdf - Published Version

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. 7123341116 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. 7123341116 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. 7123341116 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. 7123341116 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Masalah penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Ekonomi Siswa Kelas XI IPS SMA Angkasa Lanud Soewondo Tahun Ajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 36 orang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik total sampling dimana sampelnya berjumlah 36 orang. Data status sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar diperoleh dengan menggunakan angket dan data prestasi belajar ekonomi siswa diperoleh dari DKN atau daftar Kumulatif nilai. Uji Validitas untuk analisis butir angket menggunakan rumus Pearson Product Moment dan uji Reliabilitas angket diperoleh dengan menggunakan rumus Cronbach Alpha. Untuk membuktikan kebenaran hipotesis digunakan rumus analisis regresi berganda, uji t/parsial, uji F/simultan dan uji Koefisien determinasi. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan program SPSS 20,0 diperolah persamaan regresi linear berganda Y = 25,567 + 0,233X1 + 0,470X2, selanjutnya variabel status sosial ekonomi orangtua (X1) memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig < 0.05 (0,023 < 0,05), dan motivasi belajar siswa (X2) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig < 0.05 (0,000 < 0,05). Secara bersama-sama status sosial ekonomi orangtua dan motivasi belajar siswa memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi siswa dengan nilai sig < 0.05 atau 0,000 < 0,05. Persentase sumbangan pengaruh status sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar ekonomi siswa sebesar 62,7 %.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2016 EKO 036
Keywords: Status Sosial Ekonomi Orangtua; Motivasi Belajar Siswa;Prestasi Belajar Ekonomi Siswa
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 02:24
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14817

Actions (login required)

View Item View Item