PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2015/2016

Samosir, Onny Oktami (2016) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN EKONOMI KELAS X SMA NEGERI 14 MEDAN T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123141105 COVER.pdf - Published Version

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123141105 APPROVAL.pdf - Published Version

Download (486kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123141105 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123141105 PREFACE.pdf - Published Version

Download (324kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123141105 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123141105 TABLES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123141105 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123141105 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123141105 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123141105 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123141105 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (242kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar dan kurangnya dukungan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga secara parsial dan simultan terhadap terhadap hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14MedanT.P.2015/2016.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 14 Medan yang berjumlah 340 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sejumlah 80 siswa yang diambil dengan tehnik pengambilan sampel secara proportional random sampling. Tehnik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, tes, wawancara dan angket. Uji validitas angket menggunakan rumus product moment pearson, dan reliabilitasnya dihitung dengan rumus Cronbach Alpha. Desain penelitian adalah regresi berganda untuk menguji penelitian yaitu dengan uji hipotesisnya uji-t dan uji-F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel motivasi belajar (X1) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan dimana thitung> ttabel yaitu 6,213 >1,663 dengan signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Variabel lingkungan keluarga (X2) memiliki pengaruh positif dan signifikan dimana thitung < ttabel yaitu 7,772 > 1,663 dengan signifikan 0,000> 0,05. Secara simultan variabel X1 dan X2 memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadaphasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil perhitungan Fhitung> Ftabel yaitu 57,816 > 3,11. Hasil perhitungan menggunakan regresi linear berganda didapat koefisien regresi Y = 34,080 + 0,231X1 + 0,313 X2. Berdasarkanhasil penelitian dapat disimpulkan bahwa motivasi belajarberpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar. Lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifkan terhadap hasil belajar. Secara bersamasama motivasi belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas X SMA Negeri 14 Medan T.P. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorHanu, La196412311991031040
Call Number: SK-2016 EKO 048
Keywords: Motivasi Belajar; Lingkungan Keluarga; Hasil Belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:43
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14807

Actions (login required)

View Item View Item