PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COORPERATIF LEARNING TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN GRUP INVESTIGATION KELAS XSMA YAPIM TARUNA MEREK T.P 2015/2016

Tanjung, Andi Eko (2016) PERBEDAAN HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL COORPERATIF LEARNING TIPE PROBLEM BASED LEARNING DAN GRUP INVESTIGATION KELAS XSMA YAPIM TARUNA MEREK T.P 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf - Published Version

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK.pdf - Published Version

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. KATA PENGANTAR.pdf - Published Version

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. DAFTAR ISI.pdf - Published Version

Download (290kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. DAFTAR TABEL.pdf - Published Version

Download (112kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. BAB I.pdf - Published Version

Download (575kB) | Preview
[img]
Preview
Text
12. BAB V.pdf - Published Version

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (96kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran problem based learning lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran Grup Investigation kelas X SMA Yapim Taruna Merek T.P 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi seluruh kelas X SMA Yapim Taruna Merek Tahun Pelajaran 2015/2016 yang terdiri dari 3 kelas yang berjumlah 117 orang. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Purpusive Sampling yang terdiri dari kelas eskperimen I sebanyak 40 orang dan kelas eksperimen II sebanyak 40 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa dalam bentuk tes yaitu pilihan berganda sebanyak 20 butir soal. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan menggunakan Uji Lilifors dengan rumus Kolmogorov Smirnov, Uji Homogenitas menggunakan Uji F, menghitung uji hipotesis dengan uji t dengan kriteria diterima hipotesis apabila > pada α = 0,05 Dari hasil analisis data dengan menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) 22 for windows diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eskperimen I = 84,12 dengan standar deviasi 8,61, dan pada kelas eksperimen II diperoleh nilai rata-rata = 79,25 dengan standar deviasi 7,72. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t, dengan α = 0,05. Pada postes hasil belajar diperoleh = 2,665 sedangkan = 1,99 dengan sig sebesar 0.009 < 0,05 sehingga Ha diterima. Dengan demikian penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Problem Based Learning lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran Grup Investigation kelas X SMA Yapim Taruna Merek Tahun Pelajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2016 EKO 023
Keywords: Model Pembelajaran Problem Based Learning; Model Pembelajaran Grup Investigation; Hasil Belajar
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:38
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14806

Actions (login required)

View Item View Item