PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN T.A. 2015/2016

Ananda, Muhammad (2016) PENGARUH KREATIVITAS GURU DALAM PROSES PEMBELAJARAN DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI SISWA KELAS XI SMA SWASTA BUDISATRYA MEDAN T.A. 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM 7123341071 COVER.pdf - Published Version

Download (120kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM 7123341071 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (485kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM 7123341071 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM 7123341071 PREFACE.pdf - Published Version

Download (325kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM 7123341071 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM 7123341071 TABLES.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM 7123341071 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM 7123341071 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM 7123341071 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM 7123341071 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM 7123341071 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. NIM 7123341071 BIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (113kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) apakah ada pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran terhadap hasil belajar ekonomi, 2) apakah ada pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi, 3) apakah ada pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Budisatrya Medan T.A. 2015/2016. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Budisatrya Medan T.A. 2015/2016. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Budisatrya Medan, Jalan Letda Sujono No.166, Bandar Selamat Medan, dengan populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang berjumlah 76 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Total Sampling dengan menggunakan seluruh populasi yaitu sebanyak 76 orang siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ialah dokumentasi, wawancara, dan tes/kuisioner. Tes/kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar. Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data nilai siswa pada mata pelajaran ekonomi semester genap. Sebelum penelitian dilakukan, terlebih dahulu dilakukan uji validitas dan reliabilitas angket. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dilakukan dengan uji secara parsial (uji t) dan uji secara simultan (uji F). Teknik analisis data dilakukan dengan program SPSS versi 20 diperoleh persamaan garis linear Y = 3,310 + 0,079X1 + 0,893X2 + 2,239. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam proses pembelajaranterhadap hasil belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (3,329) > ttabel (1,665). 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara fasilitas belajarterhadap hasil belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai thitung (32,121) > ttabel ( 1,665). 3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajarsecara bersama-sama terhadap hasil belajar ekonomi, dibuktikan dengan nilai Fhitung (591,256) > Ftabel (3,12). Besarnya sumbangan dan kontribusi antara variabel bebas terhadap variabel terikat yang diperoleh melalui perhitungan koefisien determinasi yaitu sebesar yaitu sebesar 0,942 yang artinya sebesar 94,2% hasilbelajar siswa (Y) dipengaruhi oleh kreativitas guru dalam proses pembelajaran (X1) dan fasilitas belajar (X2). Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kreativitas guru dalam proses pembelajaran dan fasilitas belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Budisatrya Medan T.A. 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorRuslan, Dede196507041990031002
Call Number: SK-2016 EKO 025
Keywords: Kreativitas Guru Dalam Proses Pembelajaran; Fasilitas Belajar; Belajar Ekonomi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory. Demography > HB71 Economics as a science
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 25 Aug 2016 01:35
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item View Item