PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2015/2016

Sihombing, Azmho M. (2016) PENGARUH DISIPLIN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IPS SMA SMA NEGERI 1 SIANTAR NARUMONDA TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, UNIMED.

[img]
Preview
Text
1. NIM. 7123341018 COVER.pdf - Published Version

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. NIM. 7123341018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. NIM. 7123341018 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. NIM. 7123341018 PREFACE.pdf - Published Version

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. NIM. 7123341018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. NIM. 7123341018 TABLES.pdf - Published Version

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. NIM. 7123341018 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. NIM. 7123341018 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. NIM. 7123341018 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. NIM. 7123341018 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (247kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. NIM. 7123341018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (140kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya prestasi belajar ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Pengaruh Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 2) Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi, 3) Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ekonomi siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 77 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Total Sampling. Penelitian ini adalah penelitian Expost Facto, dimana untuk mendapatkan data penelitian digunakan angket, obsevasi dan dokumentasi. Berdasarkan uji hipotesis secara parsial (uji-t) diperoleh hasil bahwa variabel disiplin belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitung > ttabel ( 8,277 > 1,666) dan variabel motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai thitng > ttabel ( 5,105 > 1,666). Sedangkan dengan uji hipotesis secara simultan (uji-f) diperoleh hasil bahwa disiplin dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar ekonomi yang ditunjukkan nilai Fhitung > Ftabel ( 93,087 > 3,12). Berdasarkan uji koefisien determinasi, diperoleh nilai R2 sebesar 0,716 yang artinya disiplin dan motivasi belajar sebesar 71,6% dapat menjelaskan prestasi belajar ekonomi dan sisanya dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh positif dan signifikan disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Siantar Narumonda Tahun Ajaran 2015/2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Contributors:
ContributionNameNIP
Thesis advisorArwansyah, 196307121989031002
Call Number: SK-2016 EKO 043
Keywords: Disiplin Belajar; Motivasi Belajar; Prestasi Belajar.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Mr Maknun
Date Deposited: 24 Aug 2016 08:27
URI: http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/14802

Actions (login required)

View Item View Item